PENGGUNAAN DAN PENGEMBANG SISTEM
VIRTUAL OFFICE (KANTOR MAYA)
Virtual office adalah nama lain dari perkantoran maya
(yang ada di dunia maya atau di internet). Dengan virtual office urusan kantor
bisa dijalankan secara online.
Virtual office ini termasuk sebuah aplikasi komersial yang pertama
digagas oleh Ralph Gregory pada tahun 1994 di Colorado, Amerika Serikat.
Satu hal lain yang menarik dari virtual office yaitu seseorang yang
memilikinya tidak harus punya kantor dalam bentuk bangunan fisik, namun
hanya perlu menyewa sebuah alamat penyedia virtual office yang nantinya akan
bisa membantu untuk berbagai keperluan seperti menerima email, fax, telepon dan
dokumen yang dikirim lainnya.
Biasanya di sebuah virtual office juga tersedia resepsionis jarak jauh,
call center, asisten virtual dan juga database untuk menyimpan berbagai dokumen
yang berkaitan dengan perusahaan.
Operasi keseluruhan perusahaan dirancang sedemikian rupa sehingga
menjadi tidak terikat pada lokasi-lokasi fisik.
Dampak sosial organisasi maya: kantor maya dan organisasi maya akan
mengurangi permintaan atas gedung2 pencakar langit dan alat transportasi massa.
Kemampuan OA utk menghubungkan orang secara elektronik membuat pekerjaan
kantor tidak harus dikerjakan di kantor.Muncullah konsep Virtual Office (Kantor
Maya) yaitu pekerjaan kantor dpt dilakukan hampir di semua lokasi geografis
dengan tetap berkomunikasi secara elektronik.
•
Keuntungan:
– Biaya fasilitas
berkurang
– Biaya peralatan
berkurang
– Mengurangi
kemacetan pekerjaan
– Kontribusi
sosial : orang cacat, orang tua dpt bekerja
•
Kekurangan:
– Moral yg rendah
: krn tdk ada interaksi tatap muka
– Risiko keamanan
Industri yg paling tertarik pada konsep Virtual Office dan Virtual
Organization: industri yg memberikan nilai tambah dlm bentuk information, idea
dan intelligence (3I)
Contoh: bidang pendidikan, hiburan, perjalanan, konsultasi
OTOMATISASI PERKANTORAN ( OFFICE
AUTOMATION )
Otomatisasi perkantoran ( office automation) adalah Informasi berbasis
telekomunikasi dengan penggunaan alat elektronik. Komunikasi informasi dengan orang-orang
didalam dan diluar perusahaan untuk mengumpulkan, memproses, menyimpan dan
mendistribusikan pesan-pesan, dokumen-dokumen dan komunikasi elektronik. Jadi
Otomatisasi Perkantoran merupakan penggunaan alat elektronik untuk memudahkan
komunikasi formal dan informal terutama berkaitan dengan komunikasi informasi
dengan orang-orang didalam dan diluar perusahaan untuk meningkatkan perusahaan.
Menurut O’Brien ( 1996 ) sebagai
system informasi berbasis telekomunikasi yang mengumpulkan, memproses,
menyimpan dan mendistribusikan pesan-pesan, dokumen-dokumen dan komunikasi
elektronik lainnya diantara individual, grup-grup kerja dan organisasi.
Aplikasi Sistem Informasi Perkantoran :
(1). WORD PROCESSING
Word processing adalah penggunaan suatu peralatan elektronic yang secara
otomatis melakukan beberapa tugas yang diperlukan untuk membuat dokumen ketik
atau cetak. Word processing memberikan kontribusi terhadap pemecahan masalah
dengan memberikan kemampuan kepada manajer untuk membuat komunikasi tertulis
yang lebih efektif untuk diberikan kepada anggota lain.
(2). ELECTRONIK MAIL
Electronic mail yang dikenal dengan e-mail adalah penggunaan jaringan
komputer yang memungkinkan pemakai untuk mengirim, menyimpan dan menerima pesan
dengan menggunakan terminal komputer dan peralatan penyimpanan.
3). VOICE MAIL
Voice mail persis sama dengan electronic mail. Perbedaannya bahwa anda
hanya mengirimkan pesan dengan mengucapkan pesan tersebut melalui telepon dan
bukan mengetiknya. Dan anda menggunakan telepon untuk memanggil pesan yang
telah dikirimkan kepada anda.
(4). ELECTRONIC CALENDARING
Electronic calendaring adalah penggunaan jaringan komputer untuk
menyimpan dan memanggil acara yang telah ditetapkan oleh manajer. Electronic
calendaring bersifat khusus diantara aplikasi otomatisasi kantor, karena ia
hanya menyusun terjadinya komunikasi bukan mengkomunikasikan informasi. Contoh
: softwarenya ada.
(5). AUDIO CONFERENCING
Audio conferencing adalah penggunaan peralatan komunikasi suara untuk
membuat hubungan audio diantara orang-orang yang tersebar secara geografis
untuk tujuan melakukan konferensi. Audio conferencing adalah aplikasi oa
pertama yang tidak memerlukan komputer. Ia hanya memerlukan penggunaan
fasilitas komunikasi audio dua arah.
(6). VIDEO CONFERENCING
Video conferencing melengkapi signal audio dan signal video. Peralatan
televisi digunakan untuk mengirim dan menerima signal audio dan video. Orang
yang berada dalam suatu lokasi dapat melihat dan mendengar suara orang yang
berada di lokasi lain selagi konferensi dilakukan. Tiga konfigurasi video
conferencing ( tergantung pada
peralatan yang digunakan ), yaitu :
1. Video satu arah dan audio satu arah
2. Video satu arah dan audio dua arah
3. Video dan audio dua arah
Pengaplikasiannya : Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan
bagi kamera real-time (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang gambarnya bisa
diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program instant messaging, atau
aplikasi video call. Istilah webcam merujuk pada teknologi secara umumnya,
sehingga kata web terkadang diganti dengan kata lain yang mendeskripsikan
pemandangan yang ditampilkan di kamera, misalnya StreetCam yang memperlihatkan
pemandangan jalan. Ada juga Metrocam yang memperlihatkan pemandangan panorama
kota dan pedesaan, TraffiCam yang digunakan untuk memonitor keadaan jalan raya,
cuaca dengan Weather Cam, bahkan keadaan gunung berapi dengan VolcanoCam.
Webcam atau web camera adalah sebuah kamera video digital kecil yang
dihubungkan ke komputer melalui (biasanya) port USB ataupun port COM.
(7). COMPUTER CONFERENCING
Computer conferencing adalah penggunaan jaringan komputer, sehingga
memberi kemampuan seseorang untuk melakukan pertukaran informasi selama proses
terjadinya konferensi. Aplikasi ini hampir sama dengan electronic mail, karena
kedua aplikasi ini menggunakan hardware dan software yang sama. Istilah
‘teleconferencing’ digunakan untuk menjelaskan ketiga bentuk alat elektronik
untuk konferensi. Teleconferencing digunakan dalam seluruh proses pemecahan
masalah yang gunanya untuk menukar informasi diantara pemecah masalah
(orang-orang yang memecahkan masalah) yang berada dikotayang berlainan.
(8). FACSIMILE TRANSMISSION
Facsimile transmission yang biasanya disebut fax, adalah penggunaan
peralatan khusus yang dapat membaca tampilan dokumen pada ujung channel
komunikasi dan membuat salinan atau copy di ujung yang lain. Fax sangat mudah
diimplementasikan dan dioperasikan. Jalur telepon suara dapat berfungsi sebagai
channel-nya dan pengoperasian peralatannya tidak lebih sulit daripada
mengoperasikan mesin fotocopy. Proses kerja mesin faks diawali dengan keharusan
bahwa penerima dan pengirim harus memiliki mesin faks. Pengirim akan memasukkan
dokumen yang hendak dikirim ke bagian feeder mesin faks dan selanjutnya menekan
nomor telepon mesin faks yang dituju. Ketika koneksi telah terjadi dengan mesin
faks tujuan, maka mesin faks akan melakukan scanning dengan membaca area yang
sangat kecil pada dokumen tersebut. Mesin faks tersebut akan mengubahnya
menjadi suatu sinyal listrik untuk kemudian menerjemahkan daerah yang dibaca
sebagai daerah gelap atau terang dengan menandainya “0” untuk gelap dan “1”
untuk terang. Sinyal listrik tersebut lalu ditransmisikan melewati saluran
telepon dan menuju mesin penerima faks. Mesin penerima tersebut kemudian
menangkap dan mengartikan sinyal listrik untuk membuat suatu dokumen yang
persis sama dengan aslinya dan kemudian mencetaknya.
(9). VIDEOTEXT
Videotext adalah penggunaan komputer untuk tujuan memberikan tampilan
materi tekstual pada layar crt. Materi tekstual dapat berbentuk naratif atau
tabulasi, dan ia disimpan dalam penyimpanan sekunder pada komputer.
(10). IMAGE STORAGE AND RETRIEVAL
Beberapa jenis perusahaan mempunyai volume dokumen yang besar, sehingga
mereka harus menyimpannya dalam file agar informasi dapat dipanggil atau
didapatkan kembali jika diperlukan. Untuk mengatasi masalah mengenai
penyimpanan dan pemanggilan tampilan maka digunakan microform, yang berupa
microfilm dan microfiche.
Microform akan mengurangi kebutuhan ruang yang diperlukan oleh dokumen
kertas sampai sekitar 97%. Image storage and retrieval digunakan dalam
pemecahan masalah ketika ia diperlukan untuk melihat kembali dokumen historis
untuk tujuan pemahaman masalah.
(11). DESKTOP PUBLISHING
Desktop publishing atau dtp adalah pembuatan output tercetak yang
kualitasnya hampir sama dengan yang dihasilkan oleh typesetter. Sistem desktop
publishing terdiri atas mikrokomputer dengan layar crt yang beresolusi tinggi,
printer laser, software desktop publishing. Penggunaan desktop publishing
sebagai alat pemecahan masalah meliputi aplikasi administrasi dan teknis.
Penampilan dokumen iklan yang profesional dan menarik akan memberikan
komunikasi yang efektif.
Daftar Pustaka:
Ali,hapzi,2017.Modul SIM pertemuan ke-4
Anonim1,2017.http://zonaserius.blogspot.co.id/2013/10/otomatisasi-perkantoran.html
Anonim2,2017.https://www.jurnalweb.com/pengertian-virtual-office-dan-keuntungannya/
Dewantara,rizki,2017.http://rizkidewantara.lecture.ub.ac.id/files/2013/09/Office-Automation_Kelompok-1.pdf
Komentar
Posting Komentar