SISTEM MANAJEMEN DATABASE

SISTEM ATM BNI

Sistem ATM BNI sama dengan sistem ATM perbankan lainnya, dimana ATM sebagai client sedangkan sebagai servernya adalah mainframe yang menjalankan database account nasabah. Hal ini dapat digambarkan seperti berikut ini :


 

A

A

A

A
                   



Server Account
Monitor
Telepro- cessing
Database
Account Nasabah

Gambar 4.1

Sistem jaringan ATM ini tidak terhubung langsung ke database nasabah, tetapi terhubung ke monitor teleprocessing. Monitor teleprocessing merupakan system middleware yang mengatur komunikasi dengan client jarak jauh(remote) dan menserikan transaksi client untuk diproses oleh database. Menggunakan transaksi serial mengandung arti bahwa system dapat pulih dari kesalahan tanpa merusak data system.


Model arsitektur sistem ATM BNI

Didalam mendistribusikan pemerosesan jika pilih system client-server dengan model thin- client bermasalah dengan skalabilitas dan kinerja sedangkan model fat-client bermasalah dengan manajemen sistem. Untuk sistem ATM BNI menggunakan arsitektur three-tier client-server yang dapat dilihat pada Gbr. 4.2. Pada arsitektur ini presentasi, pemerosesan aplikasi dan manajemen data merupakan proses yang terpisah secara logika.
Pada arsitektur three-tier client-server terdapat system komputer yang terhubung ke jaringan. Satu komputer server dapat menjalankan pemrosesan aplikasi dan satu komputer server yang lainnya digunakan untuk manajemen data aplikasi sebagai server logika yang terpisah.
Pada system ini database nasabah bank biasanya berada pada komputer mainframe menyediakan layanan manajemen data, web server menyediakan layanan aplikasi seperti fasilitas untuk menstransfer uang tunai, memunculkan kalimat-kalimat, membayar tagihan dan lain-lain  sedangkan komputer nasabah dengan bowser internet merupakan client.


Struktur sistem informasi ATM

Sistem informasi ATM pada BNI didukung oleh system keamanan, system akuntansi cabang
local, system counter cabang, system pemeliharaan, usage database dan account database dapat digambarkan dalam struktur diagram DFD(Data Flow Diagram) dengan diagram context seperti berikut ini :


 

Account Database

Sistem Informasi
ATM BNI

Usage Database

Sistem Counter Cabang

Sistem Akutansi Cabang

Account Database

Account Database
Gambar 4.3

Pada gambar 4.3. menggambarkan setiap ATM BNI terhubung ke satu database account database, sistem akutansi cabang local, sistem keamanan dan sistem pemeliharaan. Sistem ini terhubung ke usage databse yang memantau bagaimana jaringan ATM BNI digunakan dan ke sistem counter cabang local. Sistem counter ini memberikan layanan seperti backup dan pencetakan.



Sistem Manajemen Basis Data (DBMS) adalah suatu aplikasi piranti lunak yang menyimpan struktur basis data, data itu sendiri, hubungan di antara data di dalam basis data & nama” formulir, jenis- jenis data, angka di belakang desimal, jumlah karakter, nilai” default & seluruh uraian field lainnya.

Contoh DBMS:
MySQL
My SQL adalah perangkat lunak sistem manajemen basis data yang diciptkan untuk dapat dilakukan instalasi secara gratis (open source). Hingga saat ini MySQL telah lebih dari 6 juta instalasi.
Kelebihannya
·                Free/gratis
·                Selalu stabil dan cukup tangguh
·                Keamanan yang cukup baik
·                Sangat mendukung transaksi dan dukungan dari banyak komunitas
·                Sangat fleksibel dengan berbagai macam program
·                Perkembangan yang cepat
Kekurangannya
·                Kurang mendukung koneksi bahasa pemerograman misalnya seperti Visual Basic “VB”, Foxpro, Delphi sebeb koneksi ini dapat menyebabkan field yang dibaca harus sesuai dengan koneksidari bahasa pemerograman visual tersebut.
·                Data yang dapat ditangani belum besar dan belum mendukung widowing function.
Oracle
Oracle adalah relational database management system (RDBMS) untuk mengelola informasi secara terbuka, komprehensif dan terintegrasi.
Kelebihannya
·                Terdapat beragam fitur yang bisa memenuhi tuntutan fleksibilitas dari organisasi atau perusahaan yang besar.
·                Bisa mendayagunakan lebih dari satu server dan penyimpanan data dengan cukup mudah.
·                Performa pemerosesan transaksi yang sangat tinggi.
Kekurangannya
·                Pemakaiannya membutuhkan dana atau biaya karena mahak dan diperlukan DBA yang cukup handal sebab DBMS ini cukup rumit.
Microsoft SQL server
Microsoft SQL Server adalah program Sistem Manajemen Dasis Data Relasional. Susunan dari Microsoft SQL Server dibagi menjadi tiga komponen. SQL OS yang melakukan layanan utama pada SQL Server, misalnya mengatur aktifitas, pengaturan memori, dan pengaturan Input/Output. Relational Engine yang bekerja sebagai penghubung komponen database, tabel, query, dan perintah tersimpan dan Protocol Layer yang mengatur fungsi-fungsi SQL Server.
Kelebihannya
·                DBMS ini sangat cocok untuk perusahaan mikro, menengah hingga perusahaan besar karena mampu mengelola data yang besar.
·                Mempunyai kelebihan untuk men-mange user serta tiap usernya dapat diatur hak aksesnya terhadap pengaksesan data base oleh DBA.
·                Tingkat pengamanan datanya sangat baik.
·                Dapat melakukan atau memiliki back-up, recovery dan rollback data.
·                Kelebihan lainnya mempunyai kemampuan membuat database mirroring dan juga culustering.
Kekurangannya
·                Hanya bisa berjalan pada platform OS “Operasi system” Microsoft windows.
·                Perangkat lunak “software” ini berilisensi dan tentunya pemakaiannya membutuhkan biaya yang tergolong cukup mahal.
Basis data relational adalah sekumpulan tabel-tabel yang memiliki hubungan relasi secara matematika dan logika. Hubungan relasi antar tabel pada umumnya berupa query, yakni tata aturan relasi yang sudah disusun berdasarkan desain dan teknik basis data tertentu yang digunakan. Query menjelaskan hubungan antar tabel secara matematika dan logika. Query terdiri dari operasi-operasi matematika dan logika yang diterapkan padasekumpulan tabel.
Basis data relational dibangun dari sekumpulan tabel yang memiliki hubungan relasi, dimana relasi itu dinyatakan dengan query. Query itu terdiri dari beberapa operasi -secara matematika- misalkan operasi join dengan beberapa operator –secara logika- seperti AND dan OR. Query-query itu disimpan pada suatu file relasi basis data.Selanjutnya file relasi basis data, file tabel basis data, file field data structure language (DSL) dan file field data definition language (DDL), disimpan dalam suatu skema basis data pada file basis data project yang bersangkutan. File-file itu harus dibuat terlebih dahulu sebelum membangun sebuah file basis data project.
Model basisdata relasional merupakan model basisdata yang dirancang agar memiliki konsistensi informasi dalam bentuk normalisasi database. Yang secara implementatif dan operasional dikendalikan oleh mesin Database Managemen System (DBMS).
Contoh DATABASE RELATIONAL:
MHS
NPM
NAMA
ALAMAT
TGL_LAHIR
10200123
SULAEMAN
TANGERANG
 8 MARET 1983
30100143
DIANA
BOGOR
15 NOVEMBER 1983
50100333
SADIKIN
JAKARTA
24 APRIL 1982
20100296
THAMRIN
TANGERANG
13 MEI 1983
10200928
LINA
JAKARTA
8 DESEMBER 1982
50100375
IRAWATI
BEKASI
7 JULI 1982

MTKULIAH
KD_MK
NAMA_MK
SKS
KK021
BASIS DATA
2
KD034
SIMULASI
3
KK044
STRUKTUR DATA
2
DU025
MIKROPROSESOR
4
KK018
KALKULUS
2

NILAI
NPM
KD_MK
NIL_MID
NIL_UAS
10200928
KK021
60
80
50100375
KK044
90
85
50100333
KK021
50
40
30100143
KK018
30
50
10200928
KK044
70
40
10200123
KK021
65
45
20100296
KK021
60
60
50100333
DU025
77
75

Keuntungan Basis Data Relasional
1.                 Bentuknya sederhana
2.                 Mudah untuk melakukan berbagai operasi data
Istilah dalam Basis Data Relasional :
*            Relasi       : Sebuah tabel yang terdiri dari beberapa kolom dan beberapa baris
*            Atribut    : Kolom pada sebuah relasi
*            Tupel       : Baris pada sebuah relasi
*            Domain   : Kumpulan nilai yang valid untuk satu atau lebih stribut
*            Derajat (degree)    : Jumlah atribut dalam sebuah relasi
*            Cardinality   : Jumlah tupel dalam sebuah relasi



Atribut

Relasi

Domain

Baris

Derajat ( degree )


MTKULIAH

KD_MK
NAMA_MK
SKS
KK021
BASIS DATA
2
KD034
SIMULASI
3
KK044
STRUKTUR DATA
2
DU025
MIKROPROSESOR
4
KK018
KALKULUS
2

Relasional Key
Super Key
Satu atribut / kumpulan atribut yang secara unik mengidentifikasi sebuah tupel di dalam relasi
Candidate Key
Atribut di dalam relasi yang biasanya mempunyai nilai unik
Primary Key
Candidate key yang dipilih untuk mengidentifikasikan tupel secara unik dalam relasi
Alternate Key
Candidate key yang tidak dipilih sebagai primary key
Foreign Key
Atribut dengan domain yang sama yang menjadi kunci utama pada sebuh relasi tetapi pada relasi lai atribut tersebut hanya sebagai atribut biasa

Alternate Key

Primary Key

Candidate Key
 



MHS
NPM
NAMA
ALAMAT
10200123
SULAEMAN
JL. SIRSAK 28 JAKARTA
30100143
DIANA
JL. STASIUN 23 BOGOR
50100333
SADIKIN
JL. MARGONDA RAYA 100
20100296
THAMRIN
JL. JATIASIH 78 BEKASI
10200928
LINA
JL. NANGKA 4 JAKARTA
50100375
IRAWATI
JL. PEMUDA 382 TANGERANG
File adalah kumpulan berbagai informasi yang berhubungan dan juga tersimpan di dalam secondary storage, secara konsep file memiliki beberapa tipe ada yang bertipe Data terdiri dari numeric, character dan binary. Lalu ada juga file yang bertipe program. Atau Definisi file adalah arsip ataupun data yang tersimpan di dalam komputer.
File di komputer pada umumnya disimpan di dalam suatu folder tertentu tergantung si pemilik komputer tersebut ingin dimana ia menyimpannya, setiap file memiliki ekstensi masing-masing tergantung jenis file itu sendiri. Ekstensi file adalah sebagai tanda yang membedakan jenis-jenis dari file.
Contoh dan jenis file serta ekstensinya :
·                System= sys, com, bak, bat, tmp, dan exe.
·                Video= avi, KV, mpg, mpeg, wmv, 3gp, dan flv.
·                Dokumen= html, doc, odt, xls, ods, dan pdf.
·                Suara= wav, rm, mp3, dan midi.
·                Gambar= jpeg, jpg, gif, png tif dan tiff.
·                Dan lain-lain.
Record adalah kumpulan field yang sangat lengkap, dan biasanya dihitung dalam satuan baris. Tabel adalahmerupakan kumpulan dari beberapa record dan juga field. File adalah terdiri dari record-record yang menggambarkan dari satu kesatuan data yang sejenis. Misalnya seperti file nama barang berisikan data tentang semua nama barang yang ada. Data adalah kumpulan fakta atau kejadian yang digunakan sebagai penyelesaian masalah dalam bentuk informasi. Pengertian basis data (database) adalah basis data yang terdiri dari dua kata, yaitu kata basis dan data. Basis dapat di artikan markas ataupun gudang, maupun tempat berkumpul.
Contoh: bisa saja nama, alamat, dan jenis kelamin seseorang.
Field adalah kumpulan dari karakter yang membentuk satu arti, maka jika terdapat field misalnya seperti NomerBarang atau NamaBarang, maka yang dipaparkan dalam field tersebut harus yang berkaitan dengan nomer barang dan nama barang. Atau definisi field yang lainnya yaitu tempat atau kolom yang terdapat dalam suatu table untuk mengisikan nama-nama (data) field yang akan diisikan.
Contoh :Nim, Nama, Alamat, dsb
Byte adalah bagian terkecil yang dapat dialamatkan dalam memori. Byte merupakan sekumpulan bit yang secara konvensional terdiri atas kombinasi delapan bit. Satu byte digunakan untuk mengkodekan satu buah karakter dalam memori. Contoh: Kode Ascii untuk J ialah 10101010. Jadi byte adalah kumpulan bit yang membentuk satu karakter (huruf, angka, atau tanda). Dengan kombinasi 8 bit, dapat diperoleh 256 karakter (= 2 pangkat 8). 
Contoh :  1 TB  = 1.024 GB = 1.048.576 MB = 1.073.741.824 KB = 1.099.511.627.776 B
Bit adalah suatu sistem angka biner yang terdiri atas dua macam nilai saja, yaitu 0 dan 1. Sistem angka biner merupakan dasar dasar yang dapat digunakan untuk komunikasi antara manusia dan mesin (komputer) yang merupakan sekumpulan komponen elektronik dan hanya dapat membedakan dua keadaan saja (on dan off). Jadi bit adalah unit terkecil dari pembentuk data.  
Contoh: 1 Tb  = 1.000 Gb = 1.000.000 Mb = 1.000.000.000 Kb = 1.000.000.000.000 bit
DAFTAR PUSTAKA :
Sintari,riyan,2011.https://riyan214.wordpress.com/2011/03/18/contoh-dbms/
Ezukireyna,2011.https://ezukireyna.wordpress.com/2011/09/21/konsep-database-relational/
Diah,2017.diah.staff.gunadarma.ac.id/.../BASIS+DATA+RELASIONAL.doc

Aulia,2015.http://aliaulia.blogspot.co.id/2015/08/pengertian-data-base-file-record-field.html

Komentar

Postingan populer dari blog ini

IMPLEMENTASI SISTEM INFORMASI PT BANK NEGARA INDONESIA ( BNI )

Sistem Informasi untuk Keunggulan Bersaing, Perusahaan dan lingkungannya, tantangan sistem informasi global

SIM, NURTIEKA APRILIANI, HAPZI ALI, OPSI MEMBUAT BLOG DAN DATABASE DENGAN MS ACCESS, UNIVERSITAS MERCU BUANA, 2017